Pelatihan Jurnalistik

Kemarin dan lusa  saya mengikuti Pelatihan Jurnalistik di SMKN 1 Slawi.  Pelatihan ini di tujukan bagi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Majalah Dinding dan guru pendamping dari sekolah-sekolah di wilayah kabupaten Tegal. Kegiatan yang berlangsung jum’at (31/4) dan  Sabtu (1/5) menghadirkan pembicara dari tiga media yaitu Radar Tegal, Kompas, dan Suara Merdeka.  Pelatihan ini terselenggara berkat kerjasma antara Dewan Pendidikan kabupaten Tegal, Dinas DIKPORA, dan DEPAG Kabupaten tegal.

Hari pertama kegiatan dimulai dengan pembukaan dari pihak-pihak terkait dan kemudian sesi materi dari mas Muh.Abduh dari Radar Tegal.   Materi yang disampaikan yaitu mengenai penulisan di media cetak .  Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab dari peserta yang sangat antusias.

Pada hari kedua kegiatan pertama yaitu paparan Materi dari Kompas oleh mba Sonya Helen.  Materi yang dipaparkan sangat menarik.  Pada sesi ini mba Sonya menyampaikan tentang definisi berita, dan hal-hal yang terkait bahkan hingga seluk beluk tentang penulisan berita di harian nasional Kompas.

Sesi kedua pada hari Sabtu adalah paparan materi oleh mas Royce Wijaya Setya P dari harian Suara Merdeka.  Judul materi yang disampaikan yaitu mengenai pengelolaan media tulis menulis.

 

Sesi terakhir sekaligus penutup dari kegiatan pelatihan jurnalistik ini yaitu kunjungan ke kantor Radar Tegal di jalan Poso kota Tegal.  kegiatan di kator Radar Tegal diisi dengan penjelasan mengenai salah satu rubrik yang ada di Harian Radar Tegal kemudian dilanjutkan dengan permainan untuk mendapatkan sejumlah souvenir dari Radar Tegal.  Seluruh peserta baik guru maupun siswa sangat menikmati kunjungan ini.

Saya sangat berkesan dan banyak mengambil manfaat dari   pelatihan jurnalistik ini.  Materi-materi yang telah dipaparkan menambah wawasan dan pengalaman mengenai kegiatan tulis menulis.  dan saya sangat berharap kegiatan ini dapat lebih menumbuhkan minat baca tulis baik bagi peserta kegiatan maupun lingkungan pendidikan di kabupaten Tegal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: